duraking.co.id – Bersepeda saat ngabuburit di bulan Ramadan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan lingkungan. Baca artikel ini untuk tips aman bersepeda saat puasa.

Saat ini, seluruh umat Muslim di berbagai penjuru dunia sedang melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Meski tengah berpuasa, kebugaran tubuh tetap harus terjaga. Apalagi kita masih berada di tengah cuaca yang kurang baik dan juga masih waspada terhadap covid-19, di mana kesehatan dan imunitas tubuh sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, di bulan Ramadhan, olahraga merupakan aktivitas yang tidak boleh terlewatkan.

Saat puasa, pasti banyak orang yang melakukan ngabuburit. Ngabuburit biasanya dilakukan mulai dari sore hari sampai mendekati adzan maghrib. Nah, untuk mengisi waktu luang menjelang berbuka puasa salah satunya adalah dengan cara bersepeda.

Kegiatan ini sudah tradisi bagi orang yang beragama islam, biasanya warga menggunakan kendaraan bermotor. Namun, sebagai ganti nya ada juga yang memakai sepeda. Akan terasa lebih menyenangkan lagi jika bersepeda bersama dengan keluarga ataupun sahabat, dan dari segi waktu pasti tidak akan terasa.

Menggunakan sepeda selain sehat untuk tubuh, juga ramah terhadap lingkungan dan tidak mengeluarkan asap kendaraan bermotor. Dan jangan lupa harus tetap menyesuaikan dengan kondisi saat ini, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Selain ramah terhadap lingkungan, bersepeda juga mengurangi kemacetan di jalan ketika sore hari. Ini adalah salah satu solusi untuk tidak mengantri dan berkerumun. Jadi untuk kamu yang bingung mengisi waktu luang menjelang berbuka, kamu bisa bersepeda santai sembari melihat matahari terbenam atau bisa disebut waktu sunset.

Selain menyenangkan, bersepeda selama Ramadhan memiliki beberapa manfaat loh, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Manfaat Bersepeda Saat Puasa

  • Mencegah penyakit jantung

Bersepeda juga membantu merangsang dan memperbaiki kesehatan jantung, paru-paru, sirkulasi darah, serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, bersepeda juga membantu menguatkan otot jantung dan mengurangi adanya kadar lemak darah.

  • Menjaga berat badan

Untuk menjaga berat badan menjadi ideal, cara tersebut bisa dengan cara bersepeda. Karena bersepeda mampu membakar lemak dan meningkatkan laju metabolisme tubuh, jadi bersepeda selama 1 jam saja dapat membakar setidaknya 600 kalori.

  • Menurunkan tingkat stres

Bersepeda membuat tubuh akan membantu menurunkan kadar hormon stres, seperti adrenalin dan kortisol yang ada di dalam tubuh.

  • Menjaga kesehatan sendi

Olahraga bersepeda juga dapat membantu memperkuat otot kaki, bokong, paha, betis, pinggul, perut lengan, dan juga bahu.

  • Membantu menurunkan risiko diabetes dan kanker

Bersepeda juga membantu mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2, karena bersepeda dapat menjaga kestabilan produksi hormon insulin yang ada dalam tubuh. Selain itu, mengayuh sepeda juga memperkecil risiko terkena kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker payudara.

  • Mengatasi insomnia

Jika kamu memiliki masalah insomnia, maka memilih melakukan bersepeda akan berguna karena dipercaya dapat mengatasi gangguan tidur seperti insomnia.

Jika kamu ingin memasukan kegiatan bersepeda ini rutin selama Ramadhan kedalam wishlist kamu, kamu juga perlu memperhatikan beberapa tips bersepeda yang aman saat menjalankan ibadah puasa, seperti beberapa tips berikut ini:

  • Perhatikan Asupan Nutrisi

Asupan makanan yang sehat dan bergizi sangat penting di bulan puasa. Apalagi jika kamu memang rutin melakukan aktivitas bersepeda saat Ramadhan. Alangkah baiknya mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah ataupun gandum, protein, serat, lemak baik, vitamin, dan mineral. Pola makan yang seimbang dan kaya nutrisi sangat dibutuhkan. Jangan sampai kamu melewatkan makan sahur karena perannya sangat penting menjaga tubuh tetap sehat selama puasa.

  • Tetap Terhidrasi

Tetap cukupi kebutuhan cairan pada waktu sahur dan berbuka, dianjurkan mengkonsumsi 8 gelas per hari agar tubuh tetap terhidrasi. Kalau perlu bawa bekal air minum atau makanan kecil sebagai antisipasi jika waktu berbuka kamu masih berada di jalan.

  • Cek Sepeda

Ini juga harus mendapat perhatian. Cek kondisi sepeda, dari mulai tekanan ban, rantai, hingga rem. Kalau perlu bawa peralatan jika terpaksa harus melakukan perbaikan di jalan. Siapkan pula lampu-lampu sepeda jika kamu bersepeda pada sore hari menjelang buka untuk menjaga keamanan dari pengendara lain.

  • Waktu Bersepeda

Waktu yang disarankan untuk melakukan olahraga selama puasa yaitu 60 menit ataupun 30 menit sebelum berbuka, 2-4 jam setelah berbuka, ataupun setelah sahur. Jadi geser waktu bersepeda saat Ramadhan menjadi sore hari sekitar 16.00-17.00. Hal ini bertujuan menghindarkan kita dari kelelahan atau dehidrasi karena teriknya matahari.

  • Jarak Tempuh

Mengingat kamu tengah berpuasa, sesuaikan jarak tempuh dan kecepatan sepeda. Ini penting untuk menjaga kondisi tubuh kamu tetap sehat selama puasa. Beberapa pesepeda menganjurkan jarak tempuh maksimal sejauh 8-15 km, dengan waktu tempuh 45-90 menit. Lakukan dengan santai. Kecepatan cukup sekitar 10-15 km/jam.

  • Jalur Sepeda

Bagi yang sering berpetualang dengan sepeda atau sering melalui jalur kemacetan, sebaiknya tahan dulu keinginanmu. Bersepeda saat puasa sebaiknya mencari jalur yang lancar terhindar dari kemacetan dan polusi udara. Pilihlah track yang sehat seperti daerah yang asri dengan udara yang relatif masih bersih cocok untuk bersepeda lebih santai.

  • Cari Partner Bersepeda

Bersepeda bersama keluarga ataupun teman tentu akan lebih bersemangat dan mengasyikkan. Selain itu, bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, ada orang lain yang bisa membantu. Namun patut diingat untuk menjaga kecepatan, waktu tempuh dan jarak sesuai kemampuan tubuhmu sendiri. Hal ini mengingat saat bersepeda berkelompok ada keinginan untuk memacu sepeda lebih kencang atau memaksakan mengikuti kecepatan anggota kelompok lain. Jangan pula takut atau sungkan untuk meminta istirahat jika tubuhmu sudah lelah.

  • Cukup Istirahat

Usahakan jangan sampai kurang tidur jika kamu ingin tetap berolahraga selama puasa. Kondisi kurang tidur, akan mengganggu kesehatan tubuh secara menyeluruh. Metabolisme dan hormonal dapat terganggu. Sehingga disarankan untuk tidur selama 7-8 jam per harinya.

  • Dengarkan Tubuhmu

Saran terpenting yang harus diperhatikan saat berolahraga saat Ramadhan adalah mendengarkan tubuhmu. Jika kamu mulai merasa lemah atau pusing saat di jalan segeralah beristirahat, jangan memaksakan karena bisa berakibat fatal bagi tubuh dan keselamatanmu.

 

Yang tidak kalah pentingnya adalah kamu harus memperhatikan pakaian yang akan kamu gunakan saat melakukan aktivitas ini, kamu wajib menggunakan pakaian yang nyaman agar aktivitas kamu tidak terganggu dan tubuhmu selalu terasa nyaman, misalnya saja seperti menggunakan Duraking Jersey Sepeda Lige Series.

Jersey ini sudah dilengkapi dengan Duraking Superlight Fabric (Dry fit) 3 kantong belakang, di desain dengan Printing Sublimasi yang menggunakan tinta khusus Certified Japan Quality Zipper, memiliki bentuk kerah yang memberi kenyamanan karet silikon pada bagian bawah, juga tersedia berbagai jenis ukuran seperti XS,S,M,L,XL, dan XXL. Cara mendapatkannya gampang kok, kamu tinggal klik DI SINI dan kamu bisa tampil stylish juga nyaman seharian bersama Duraking!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *