Tips Aman Bersepeda Santai | duraking.co.id – Berolahraga secara rutin tentunya diperlukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Salah satu aktivitas olahraga yang banyak digemari kini adalah bersepeda. Selain menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk menaikkan mood, ternyata bersepeda juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh lho. Mengayuh pedal sepeda juga berdampak baik terhadap ketahanan jantung dan paru-paru, semakin cepat mengayuh maka darah yang dipompa oleh jantung dan suplai oksigen pada paru-paru juga meningkat. Nah, sebagai pemula kamu bisa mulai dengan bersepeda santai terlebih dahulu. Berikut ini tips aman bersepeda santai bagi pemula:

bersepeda santai

  • Pemilihan sepeda

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan sepeda. Pastikan untuk memilih frame atau kerangka sepeda yang sesuai dengan tubuh. Sesuaikan dengan tinggi badan dan jarak dari sadel ke stang sepeda juga harus pas. Pilihlah sepeda yang nyaman digunakan, kondisinya baik, serta sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai sepeda yang kamu pilih malah beresiko menyebabkan cedera saat digunakan.

  • Gunakan pakaian dan pelindung yang sesuai

Pakaian yang digunakan ketika bersepeda juga berpengaruh lho. Tentunya kamu akan berkeringat, jadi gunakan pakaian dengan material kain yang mudah menyerap keringat dan cepat kering. Dengan begitu kamu bisa bersepeda dengan nyaman tanpa merasa risih dengan keringat. Kamu bisa menggunakan cycling jersey, pakaian yang memang khusus dibuat untuk para penggiat sepeda. Selain itu, pelindung saat bersepeda juga penting, misalnya kamu bisa menggunakan helm untuk melindungi kepala.

  • Cek kondisi tubuh sebelum bersepeda

Sebelum mulai bersepeda, pastikan kondisi tubuhmu fit ya. Kalau kamu merasa kurang enak badan sebaiknya rencana bersepeda ditunda dulu karena dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Jangan lupa juga untuk selalu sarapan sebelum bersepeda agar ada sumber tenaga.

  • Tingkatkan jarak secara bertahap

Pemula sebaiknya meningkatkan jarak bersepeda secara bertahap untuk membiarkan tubuh beradaptasi. Misalnya di minggu pertama kamu bersepeda selama 10 menit, lalu di minggu berikutnya tambah lagi 10 menit. Sesuaikan juga dengan kondisi tubuh, jangan memaksakan diri jika sudah lelah.

  • Tetap tertib

Hal terakhir yang harus diingat oleh para penggiat sepeda: pengguna jalan bukan hanya pesepeda saja. Jadi, pastikan untuk menggunakan lajur yang tepat dan tetap tertib selama bersepeda agar tetap aman selama di jalan. 

Itulah beberapa tips aman bersepeda santai. Bersepedalah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan pakaian yang tepat selama bersepeda. Duraking Jersey Sepeda Geometric Series bisa jadi teman terbaik untuk bersepeda. Dengan cutting fit-to-bodynya yang aerodinamis, kamu dapat bergerak bebas. Selain terbuat dari bahan yang ringan dan breathable, jersey ini punya fitur-fitur yang menguntungkan juga lho, yaitu Japan Zipper (resleting berkualitas yang awet dan tahan lama), Easy Pocket Angle (terletak di bagian kiri, tengah, dan kanan belakang jersey untuk mempermudah kamu menyimpan barang), Karet Gripper (membuat jersey tidak akan mudah terangkat), dan Reflector (dapat memantulkan cahaya agar tetap aman selama bersepeda di malam hari). Gak hanya itu, cycling jersey ini juga dilengkapi dengan teknologi cepat kering, teknologi AntiVirus, teknologi Anti UV, dan teknologi antibakteri yang membuatmu tetap fresh selama beraktivitas. Nyaman dan aman banget kan? Yuk, segera cek produknya di sini ya.

Sumber: Krisna Andhita, Alodokter, SUPERLIVE

Leave a Reply

Your email address will not be published.