Tips Bersepeda Jarak Jauh dengan Aman | duraking.co.idKamu suka bersepeda dan bosan dengan lokasi bersepeda yang itu-itu saja? Mungkin inilah saatnya kamu untuk level up aktivitas bersepeda kamu. Kamu bisa mencoba ikut bike touring bersama teman atau komunitas sepeda di sekitarmu. Sebelumnya kamu harus mempersiapkan diri dulu ya, terlebih lagi jika kamu belum pernah bersepeda dengan jarak jauh. Persiapannya berupa latihan fisik, kesiapan sepeda, teknik bersepeda, dan berbagai perlengkapan yang harus dibawa. Agar perjalananmu aman dan lancar, yuk simak beberapa tips bersepeda jarak jauh berikut ini:

Foto: Freepik

  • Tentukan Rute Perjalanan

Pertama-tama, tentukanlah rute atau jalur yang ingin kamu lalui. Dengan begitu, perjalanan bersepeda mu jadi lebih aman dan teratur. Menentukan rute perjalanan juga bermanfaat agar kamu tidak tersesat, mengetahui jenis trek yang akan dilalui, dan bisa memperkirakan waktu tempuh.

  • Periksa Kesehatan Diri dan Kondisi Sepeda

Sebelum bersepeda, pastikan kamu sehat dan jangan memaksakan diri apabila merasa kurang enak badan. Selain kesehatan diri, kamu juga perlu cek kondisi sepeda yang akan digunakan. Hal ini untuk menghindari munculnya masalah teknis saat kamu bersepeda. Pertama, pastikan roda terpasang dengan kencang dan cek tekanan anginnya. Kedua, pastikan rem berfungsi dengan baik. Ketiga, pastikan rantai tidak kendor. Yang terakhir, pastikan pengatur gigi atau shifter dapat berfungsi dengan baik.

Foto: Freepik

  • Makan dan Minum yang Cukup

Bersepeda dengan jarak jauh tentunya akan menguras tenaga, jadi pastikan kamu makan dan minum yang cukup. Sebelum bersepeda, makanlah terlebih dahulu tapi jangan sampai kamu kekenyangan ya. Lalu untuk bekal disarankan untuk membawa makanan yang praktis dan dapat dikonsumsi di sela-sela waktu bersepeda seperti oat bar dan buah-buahan. Jangan lupa juga untuk membawa persediaan air mineral yang cukup. 

  • Lengkapi Perlengkapan Bersepeda

Untuk menambah keamanan saat bersepeda, kamu bisa pakai helm dan kacamata pelindung. Lalu, pastikan kamu membawa keperluan pribadi seperti obat-obatan. Selain itu, bawa juga tools kit sepeda seperti ban dalam cadangan, kunci L set, pompa portabel dan lainnya untuk mengantisipasi jika terjadi kendala atau masalah dalam perjalanan.

Foto: Freepik

  • Smart-cycling

Tak perlu terburu-buru, usahakan untuk menjaga konsistensi mengayuh pedal agar kamu bisa sampai di tempat tujuan. Kamu akan kehabisan tenaga jika mengayuh pedal dengan terburu-buru di awal. Bagi jarak yang akan kamu lalui menjadi 3 bagian. Bagian pertama untuk kamu bisa mengayuh pedal dengan santai sebagai pemanasan otot. Bagian kedua, kamu bisa mengayuh pedal dengan intensitas yang lebih tinggi. Terakhir di bagian ketiga, kerahkan semua energi yang masih tersisa untuk melakukan sprint. Dalam bersepeda jarak jauh, mengenali kemampuan diri sendiri itu sangat penting. Jangan memaksakan diri bila sudah merasa lelah.

  • Gunakan Pakaian yang Tepat

Ketika bersepeda tentunya kamu akan bergerak secara terus-menerus, jadi gunakanlah pakaian yang membuatmu nyaman. Pakailah outfit yang tidak membatasi gerak maupun mengganggumu saat bersepeda. Nah, untuk melengkapi aktivitas bersepeda kamu bisa pakai Duraking Cycling Jersey T Heather Seamless. Cycling jersey ini memiliki desain aerodinamis yang fit di badan, dan terbuat dari kain Duraking Super Lightweight yang ringan dan sejuk. Selain itu jersey ini juga dilengkapi dengan Safety Pocket untuk menyimpan barang dengan aman. Untuk melindungimu dari teriknya sinar matahari, jersey ini juga dilengkapi dengan teknologi Anti UV dengan UPF 50+ lho. Kamu juga tak perlu khawatir saat berkeringat karena ada teknologi cepat kering, jadi kamu bisa bersepeda dengan nyaman. Untuk produknya bisa kamu cek di sini ya. Selamat bersepeda!

Duraking Jersey Sepeda T-Heather Seamless Part 1

 

Sumber: OlahragaPedia, Lokadata, CNN Indonesia, Yes Cycling, Rodalink

Leave a Reply

Your email address will not be published.