article

6 Jenis Sepeda yang Wajib Kamu Tahu

6 Jenis Sepeda yang Wajib Kamu Tahu | duraking.co.id – Tertarik untuk mulai bersepeda? Selain sebagai aktivitas olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, bersepeda juga bisa menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Namun, sebelum mulai terjun ke dunia sepeda, ada baiknya untuk mengenal lebih dahulu tentang jenis-jenis sepeda. Sepeda itu bervariasi berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Dengan mengetahui setidaknya 6 jenis sepeda yang ada, maka kamu dapat melihat kira-kira jenis sepeda apa yang cocok untukmu. Yuk, simak pembahasannya berikut ini:

1. Sepeda Lipat

Sepeda lipat menjadi salah satu jenis sepeda yang digemari oleh masyarakat perkotaan dengan kesibukannya. Jenis sepeda ini khusus digunakan untuk rute pendek atau jalanan beraspal. Jenis sepeda ini cocok digunakan untuk pergi ke kantor, ke kampus, atau bahkan untuk jalan-jalan di tengah kota. Sepeda lipat juga populer karena ukurannya yang ringkas, bisa dilipat, dan bobotnya ringan jadi mudah untuk dibawa kemanapun. 

2. MTB (Mountain Bike)

Mountain Bike atau biasa juga disebut dengan sepeda gunung merupakan jenis sepeda yang cocok digunakan pada area pegunungan dengan medan yang cukup berat dan curam. Jenis sepeda ini dirancang dengan sistem pengereman yang sangat baik dan fitur peredam guncangan yang dapat dengan mudah melewati gundukan, bebatuan, ataupun jalanan tanah serta berlumpur. Sepeda MTB juga memiliki rangka yang terbuat dari pipa berukuran besar yang lebih kuat jika dibandingkan dengan jenis sepeda lainnya. Roda pada sepeda MTB ini biasanya berukuran 26 inci dengan tapak ban lebar yang mampu mencengkeram tanah dan batu.  Selain itu, sepeda gunung memiliki 3 gear depan dan 10 gear belakang. Sepeda jenis ini cocok untuk para pecinta aktivitas outdoor.

3. Road Bike

Road Bike atau sepeda balap merupakan jenis sepeda yang dirancang untuk balapan. Maka dari itu biasanya digunakan atlet profesional untuk perlombaan sepeda. Umumnya, sepeda balap memiliki bobot yang sangat ringan dibanding jenis sepeda lainnya sehingga mampu menghasilkan kecepatan yang tinggi. Sepeda Road Bike ini identik dengan stang yang jatuh atau diturunkan dan ban yang kurus. Stang yang melengkung ke bawah inilah yang membantu menempatkan pengendaranya dalam posisi aerodinamis. Jenis sepeda ini cocok digunakan di jalanan yang mulus dan rata seperti aspal.

4. Sepeda BMX

BMX (Bicycle Motor Cross) merupakan salah satu olahraga yang terkenal di California, Amerika Serikat pada tahun 1960-an. Jenis sepeda BMX ini dirancang khusus untuk digunakan untuk atraksi dan freestyle. Sepeda BMX identik dengan bingkainya yang kecil, saddle yang rendah, dan roda yang tidak terlalu besar (biasanya berukuran 20-24 inci). Jenis sepeda ini sangat populer di kalangan generasi milenial.

5. Sepeda Fixie

Sepeda Fixie merupakan jenis sepeda yang memiliki banyak perbedaan dengan sepeda lainnya: hanya memiliki single gear di sprocket belakang, memungkinkan untuk dikayuh ke belakang, dan tidak memiliki rem dengan tuas tangan di stang (pengereman bisa dilakukan dengan membalikkan pedal ke arah berlawanan). Kini, sepeda Fixie banyak digunakan di jalanan perkotaan. Sepeda Fixie juga populer dengan warna-warnanya yang mencolok.

6. Sepeda Hybrid

Pada dasarnya, sepeda Hybrid merupakan kombinasi antara sepeda gunung (MTB) dan sepeda balap (Road Bike). Jenis sepeda ini memiliki bentuk rangka/bingkai yang mirip dengan sepeda gunung, serta ukuran diameter pipa dan rodanya mirip dengan sepeda balap (sekitar 27 inci). Sepeda Hybrid sangat cocok digunakan di jalanan beraspal dan off-road. Bagi kamu yang senang bepergian atau berkeliling kota, sepeda Hybrid ini bisa jadi pilihan terbaik.

Nah, bagaimana? Sudah tahu mau pilih yang mana di antara 6 jenis sepeda di atas? Pastikan untuk memilih jenis sepeda yang sesuai dengan kebutuhanmu ya. Selain memilih jenis sepeda yang cocok, kamu juga butuh pakaian yang sesuai untuk bersepeda. Menggunakan pakaian yang tepat akan membuatmu lebih nyaman dan aman selama bersepeda. Duraking Jersey Sepeda Brushed Pastel bisa jadi teman terbaik untuk bersepeda.

Dengan cutting fit-to-bodynya yang aerodinamis, kamu dapat bergerak bebas. Selain terbuat dari bahan yang ringan dan breathable, jersey ini punya fitur-fitur yang menguntungkan juga lho, yaitu Japan Zipper (resleting berkualitas yang awet dan tahan lama), Easy Pocket Angle (terletak di bagian kiri, tengah, dan kanan belakang jersey untuk mempermudah kamu menyimpan barang), Karet Gripper (membuat jersey tidak akan mudah terangkat), dan Reflector (dapat memantulkan cahaya agar tetap aman selama bersepeda di malam hari). Gak hanya itu, cycling jersey ini juga dilengkapi dengan teknologi cepat kering, teknologi AntiVirus, teknologi Anti UV, dan teknologi antibakteri yang membuatmu tetap fresh selama beraktivitas. Nyaman dan aman banget kan? Yuk, segera cek produknya di sini ya.

 

Sumber: Century Cycles, the cycling experts, LemonBin, Bicycling, Edinburgh Bicycle

Duraking Admin

Recent Posts

Mengapa Running Cap Penting untuk Pelari?

Mengapa Running Cap Penting untuk Pelari? | Pelari sering kali menghadapi elemen-elemen alam yang tidak…

6 months ago

Lindungi Kulit Anda dari Sinar UV dengan Duraking Arm Sleeve Solid Color Silver Grey

Lindungi Kulit Anda dari Sinar UV dengan Duraking Arm Sleeve Solid Color Silver Grey |…

7 months ago

Pentingnya Mengukur Pace Lari dengan Presisi untuk Prestasi Maksimal

Pentingnya Mengukur Pace Lari dengan Presisi untuk Prestasi Maksimal | Berlari bukan sekadar olahraga, tetapi…

7 months ago

Eksplorasi 6 World Marathon Majors dengan Duraking Sport Act Running Belt

Eksplorasi 6 World Marathon Majors dengan Duraking Sport Act Running Belt | Menghadapi keenam World…

7 months ago

Maksimalkan Gaya dan Performa Lari dengan Jersey dan Sepatu Ini

Maksimalkan Gaya dan Performa Lari dengan Jersey dan Sepatu Ini | ​​Ketika gaya bertemu dengan…

7 months ago

Maksimalkan Performa Lari dengan Duraking Jersey Vapor Series

Maksimalkan Performa Lari dengan Duraking Jersey Vapor Series | Kesiapan dalam menghadapi race lari tidak…

7 months ago

This website uses cookies.