article

Mengenal High Intensity Interval Training (HIIT) dan Manfaatnya Untukmu

duraking.co.id – Kamu pasti sudah tahu kalau olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuhmu. Tetapi sayangnya, padatnya aktivitas membuat banyak orang menjadi tidak sempat berolahraga. Nah, kalau kamu adalah salah satunya, High Intensity Interval Training (HIIT) bisa menjadi solusi untukmu, nih. Tapi sebelumnya, apa sih pengertian dari HIIT? Lalu apa saja manfaatnya ya? Yuk, kita berkenalan dengan HIIT juga manfaatnya untukmu.

High Intensity Interval Training atau HIIT adalah metode latihan kardio dengan intensitas tinggi yang bisa dilakukan dalam waktu singkat, yaitu sekitar 10–30 menit dalam 1 kali latihan. Setelah melakukan olahraga ini, dipercaya metabolisme tubuh akan meningkat dan tubuh akan terus membakar lemak bahkan ketika beristirahat, menarik bukan?

Kuncinya dari melakukan HIIT adalah intensitas. Oleh karena itu, usahakan untuk terus meningkatkan intensitas latihan kamu saat melakukan HIIT. Bagi kamu yang tidak terbiasa olahraga, mulailah melakukan HIIT dengan durasi yang singkat dulu, lalu pelan-pelan tingkatkan durasinya. Kamu bisa mulai melakukan gerakan HIIT selama 20 detik, lalu istirahat selama 10 detik. Setelah beberapa hari, durasinya dapat tingkatkan menjadi 30 detik dengan istirahat 10 detik.

Ada beberapa pilihan latihan HIIT yang bisa kamu lakukan, seperti berikut ini:

  • Berjalan Cepat

Bagi yang tidak terbiasa workout tetapi ingin melakukan HIIT, salah satu gerakan latihan yang paling mudah untuk dilakukan adalah berjalan. Kombinasikan antara jalan santai dengan jalan cepat agar pernapasanmu lebih terkontrol. Agar hasilnya baik, lakukan terus HIIT ini sebanyak 4 kali dalam sepekan. Saat tubuh mulai terbiasa dengan ritme latihannya, Anda bisa meningkatkan durasi menjadi 15 menit dan maksimal 30 menit.

  • Jogging

Latihan selanjutnya adalah jogging. Berbeda dari berjalan, jogging memiliki irama gerakan lebih konstan dan cepat meski tidak secepat sprint. Untuk hasil maksimal usahakan jogging minimal selama 10 menit. Kamu bisa melakukan sprint minimal selama 15 detik, kemudian kombinasikan dengan jalan santai atau jogging selama 60-120 detik. Latihan kardio ini tidak akan membuat tubuhmu gampang shock dan lelah tapi efektif untuk membakar lemak.

  • Plank Walk

Bagi beberapa orang melakukan plank membutuhkan kerja keras yang sangat tinggi apalagi kalau memiliki masalah dengan berat badan. Plank mungkin terlihat sederhana tapi gerakan ini membutuhkan koordinasi dan keseimbangan yang baik. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang sampai program high intensity interval training selesai.

  • Bersepeda

Bersepeda tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh tapi juga bagus untuk memperbaiki mood. Seperti halnya latihan berjalan atau jogging, durasi HIIT bersepeda minimal 10 menit. Dalam kurun waktu tersebut kamu harus fokus dengan kecepatan saat bersepeda. Tidak sulit bukan? Kamu juga bisa melakukannya baik di rumah menggunakan sepeda statis atau di luar rumah dengan sepeda biasa.

  • Treadmill HIIT

Banyak yang mengatakan kalau latihan kardio menggunakan treadmill jauh lebih efektif untuk menurunkan berat badan daripada jenis workout lainnya. Terlepas benar atau tidaknya, latihan HIIT menggunakan treadmill ternyata cukup banyak diminati di Indonesia loh. Kamu hanya perlu menyesuaikan jenis latihan dengan kebutuhan dan tujuan berolahraga.

  • Mountain Climbers

Latihan ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi juga keseimbangan. Meski terkesan mudah dan simpel, mountain climbers ternyata tidak bisa dilakukan dengan mudah oleh semua orang. Kamu bisa mencoba mountain climbers selama beberapa menit kemudian mengkombinasikannya dengan gerakan HIIT lainnya.

  • Squat Jump

Lakukan HIIT squat jump dengan mengkombinasikannya bersama jalan kaki. Kamu hanya perlu melakukan gerakan squat jump seperti biasanya kemudian lanjutkan dengan berjalan kaki. Lakukan dua gerakan tersebut secara berulang-ulang hingga hitungan mencapai 10 menit.

Manfaat high intensity interval training HIIT

Bagaimana dengan manfaatnya? Agar kamu lebih yakin untuk mencoba high intensity interval training, berikut ini adalah berbagai macam kelebihan dari melakukan program tersebut:

  • Membentuk Massa Otot
  • Meningkatkan Penyerapan Oksigen ke Otot
  • Menjaga Kesehatan Jantung
  • Meningkatkan Proses Pembakaran Lemak
  • Meningkatkan Penyerapan Oksigen ke Otot
  • Menjaga Kesehatan Mental

Jika kamu berencana untuk mencoba latihan high intensity interval training, kamu bisa memakai koleksi Duraking Jersey NEW Super Light MAN Series – Basic Color.

Baju ini di design regular fit mengikuti bentuk tubuh anti bakteri, anti UV, fresh-tech, quickdry, terbuat dari 92% micro fiber polyester & 8% spandex, berpori sehingga terasa dingin & sirkulasi udara baik, sehingga tetap nyaman digunakan baik short run, gym & fitness, outdoor activities, ataupun digunakan untuk daily activities. Baju ini juga merupakan koleksi terbaru dengan warna basic.

Tunggu apalagi? Yuk segera dapatkan produknya dengan membelinya DI SINI

Duraking Admin

Recent Posts

Mengapa Running Cap Penting untuk Pelari?

Mengapa Running Cap Penting untuk Pelari? | Pelari sering kali menghadapi elemen-elemen alam yang tidak…

6 months ago

Lindungi Kulit Anda dari Sinar UV dengan Duraking Arm Sleeve Solid Color Silver Grey

Lindungi Kulit Anda dari Sinar UV dengan Duraking Arm Sleeve Solid Color Silver Grey |…

7 months ago

Pentingnya Mengukur Pace Lari dengan Presisi untuk Prestasi Maksimal

Pentingnya Mengukur Pace Lari dengan Presisi untuk Prestasi Maksimal | Berlari bukan sekadar olahraga, tetapi…

7 months ago

Eksplorasi 6 World Marathon Majors dengan Duraking Sport Act Running Belt

Eksplorasi 6 World Marathon Majors dengan Duraking Sport Act Running Belt | Menghadapi keenam World…

7 months ago

Maksimalkan Gaya dan Performa Lari dengan Jersey dan Sepatu Ini

Maksimalkan Gaya dan Performa Lari dengan Jersey dan Sepatu Ini | ​​Ketika gaya bertemu dengan…

7 months ago

Maksimalkan Performa Lari dengan Duraking Jersey Vapor Series

Maksimalkan Performa Lari dengan Duraking Jersey Vapor Series | Kesiapan dalam menghadapi race lari tidak…

7 months ago

This website uses cookies.