Pola Makan Sehat di Bulan Puasa | duraking.co.id – Di bulan Ramadhan ini kamu akan berpuasa, menahan lapar dan haus selama 12 sampai 13 jam. Tentunya akan terjadi perubahan pada pola kegiatan sehari-hari, pola tidur, dan yang terpenting adalah pola makan. Perubahan-perubahan ini akan sangat berpengaruh pada metabolisme tubuh. Selama menjalankan puasa, tubuhmu berpotensi mengalami kekurangan nutrisi yang sehat dan seimbang. Maka dari itu, mengatur pola makan yang sehat selama berpuasa itu sangat penting guna menjaga kondisi tubuh. Bagaimana sih caranya untuk membentuk pola makan sehat itu? Yuk, lihat beberapa tips-nya berikut ini:

Foto: Freepik

  • Wajib Sahur

Layaknya sarapan di pagi hari, makan sahur di bulan puasa itu sangat penting. Sebisa mungkin jangan lewatkan makan saat sahur ya, karena hal tersebut dapat menyebabkan masalah gula darah rendah dan kamu bisa dehidrasi esok harinya. Pastikan tubuhmu mendapat bekal nutrisi dan energi agar kuat berpuasa. Melewatkan sahur juga cenderung membuatmu untuk makan berlebihan di waktu berbuka puasa nanti, istilahnya “balas dendam”. Dengan begitu berat badanmu akan bertambah secara tidak sehat. 

 

  • Menjaga Porsi Makan Saat Berbuka

Dengan kondisi perut yang kosong setelah berpuasa, kamu tidak disarankan untuk makan dengan porsi yang berlebihan saat berbuka. Terlalu banyak makan di waktu berbuka puasa malah akan menyebabkan gangguan pencernaan, yang mana nantinya akan mengganggu aktivitas beribadah. Minum air putih dan makan tiga kurma bisa menjadi awal yang baik serta sehat untuk berbuka puasa.

Foto: Freepik

 

  • Perhatikan Jenis Makanan

Perhatikan makanan yang akan dikonsumsi dengan baik, pilih makanan yang bisa memenuhi jumlah energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh di siang hari. Untuk sahur disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein seperti ayam, telur, daging, tempe atau tahu, dan ikan. Protein akan membantumu untuk merasa kenyang lebih lama. Lalu kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah dan juga perbanyak makan sayur dan buah. Selain itu, batasi konsumsi garam saat sahur untuk mengurangi rasa haus saat berpuasa.

  • Pola Makan Sehat saat Berbuka Puasa

Saat iftar atau buka puasa, berbukalah dengan segelas air putih dan 3 buah kurma. Kurma itu bagus karena mengandung gula alami untuk mengisi energi. Lalu makan hidangan utama kira-kira 10 sampai 15 menit setelah berbuka. Untuk menu makanan utama, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat, protein serta sayuran. Konsumsi gandum, kentang, dan beras merah sebagai sumber karbohidrat kompleks. Untuk lauk pauknya, kamu bisa pilih daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, ikan, dan telur. Hindari makan gorengan, makanan dengan asupan garam yang terlalu banyak, dan makanan yang tinggi gula. Yang terpenting adalah makan dengan perlahan dan kunyah dengan benar untuk menghindari resiko gangguan pencernaan. Makanlah sebelum kamu merasa kekenyangan.

  • Jaga Asupan Cairan

Tubuh tentunya akan kekurangan cairan selama berpuasa, antisipasi dengan minum banyak air saat sahur dan setelah berbuka puasa. Jangan sampai kamu mengalami dehidrasi. Disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap hari. Hindari atau kurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan kola. Mengapa? Ketiga minuman ini memiliki efek diuretik yang mana akan membuatmu ingin buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Foto: Freepik

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menciptakan pola makan sehat selama bulan puasa. Selain memilih makanan dan minuman dengan cermat, kamu juga perlu melengkapinya dengan berolahraga agar tubuh tetap sehat serta bugar. Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas olahraga di sore hari menjelang buka puasa.

Nah, untuk menemani olahraga, kamu butuh baju yang tepat. Salah satunya adalah Duraking Kaos Super Light Japan Series – Hannya. Jersey ini terbuat dari material sangat ringan, 92% microfiber polyester dan 8% spandex. Agar olahragamu semakin nyaman, jersey ini juga dilengkapi dengan teknologi cepat kering dan Anti UV UPF 50+. Selain itu, kamu juga bisa tetap tampil stylish karena desainnya yang menarik. Untuk produknya bisa kamu cek di sini atau marketplace lainnya ya. 

 

Sumber: Media Indonesia, Health X Change, The Conversation, Rail Recipe, Asia Tatler

Leave a Reply

Your email address will not be published.