Teknik Bersepeda di Tanjakan | duraking.co.idTrek tanjakan tentunya menjadi tantangan yang cukup berat bagi para penggiat sepeda. Karena bisa menguras banyak tenaga atau stamina tubuh secara lebih cepat, banyak para pesepeda yang ingin menghindari tanjakan. Bahkan, banyak juga yang memilih untuk menuntun sepeda mereka ketika menghadapi tanjakan. Namun, sebenarnya ada lho teknik bagi para pesepeda untuk melewati tanjakan dengan benar tanpa membuang-buang tenaga. Jadi, bagi kamu yang baru memulai bersepeda gak perlu khawatir. Berikut ini teknik bersepeda di tanjakan:

Foto: Unsplash

  • Rasio Gear

Mengatur atau menyesuaikan rasio gear saat menaiki tanjakan itu sangat penting. Agar terasa lebih mudah dalam mengayuh sepeda, atur rasio gear depan di posisi yang lebih ringan, sedangkan untuk gear belakang dinamis yaitu dari menengah ke posisi paling besar. Dengan rasio gear seperti ini kamu harus mengayuh sepeda lebih cepat. Namun, usahakan untuk mengayuh sepedamu secara konstan.

  • Posisi Badan

Ada 2 posisi badan yang bisa dilakukan saat menanjak, yaitu posisi duduk dan posisi berdiri. Tapi, disarankan untuk menanjak dengan posisi duduk karena posisi berdiri akan membuang lebih banyak tenaga. Condongkan badan ke depan agar beban di belakang tidak terlalu berat serta untuk menghindari terangkatnya ban di bagian depan. 

Foto: Unsplash

  • Atur Napas

Salah satu hal penting untuk berhasil dalam menghadapi tanjakan selanjutnya adalah mengatur pernapasan. Mengatur pernapasan dengan baik dapat membantu aliran oksigen ke seluruh tubuh yang mana dapat mengurangi rasa lelah yang berlebihan. Kamu bisa menggunakan teknik pernapasan perut saat menanjak, tariklah nafas melalui hidung lalu keluarkan melalui mulut secara konstan.

  • Zig Zag

Jika dirasa terlalu berat, kamu bisa mengatasinya dengan menanjak secara zig zag. Cara ini bisa meringankan beban saat mengayuh sepeda. Namun, kamu harus tetap waspada akan kendaraan yang mungkin ada di belakang maupun di depan.

Nah, itulah teknik-teknik yang bisa kamu terapkan dalam menghadapi tanjakan saat tengah bersepeda. Bersepeda di tanjakan juga membutuhkan pikiran yang fokus dan tenang. Tapi, kalau kamu sudah tidak kuat untuk menanjak jangan dipaksakan ya karena bisa memperbesar resiko cedera. Selain memahami teknik yang benar, kamu juga membutuhkan pakaian yang bisa mendukung aktivitas bersepeda mu lho. Duraking Jersey Sepeda Gradient Series bisa menjadi pilihan terbaik untukmu.

Duraking Jersey Sepeda Gradient Series

Cycling jersey ini hadir dengan cutting yang pas di badan, dan terbuat dari bahan kain Duraking Super Lightweight yang ringan dan sejuk. Tak hanya itu saja, jersey sepeda ini juga dilengkapi fitur-fitur terbaru seperti safety pocket (penyimpanan barang yang lebih aman), karet gripper (agar jersey tidak mudah terangkat saat membungkuk), dan reflector (pengamanan saat bersepeda di malam hari). Selain itu, jersey sepeda ini memiliki teknologi AntiVirus, teknologi “Quick Dry”, dan teknologi Anti UV yang mampu memberikan perlindungan ekstra saat bersepeda. Yuk, cek produknya di sini atau marketplace lainnya ya!

 

Sumber: Super Adventure, Wibloog, lokadata, BukaReview, portalsepeda, hobigowes

Leave a Reply

Your email address will not be published.