Kiat-Kiat Diet Defisit Kalori | duraking.co.idApakah asupan kalorimu per hari sudah tepat? Umumnya, asupan kalori harian yang disarankan adalah sebanyak 2.000 kalori per hari untuk wanita dan 2.500 untuk pria. Konsumsi kalori berlebih tanpa melakukan aktivitas fisik atau olahraga dapat menyebabkan penumpukan lemak di tubuh lho. Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan melakukan diet defisit kalori.

Defisit kalori adalah ketika kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan yang digunakan atau dibakar tubuh. Dengan sedikitnya asupan kalori, tubuhmu akan beralih ke lemak yang menumpuk untuk dibakar menjadi energi sehingga berat badan pun akan turun. Lalu hadirlah diet defisit kalori yang mana pada dasarnya merupakan pola makan dengan mengurangi asupan kalori yang masuk ke tubuh. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, simak tips-tips untuk berhasil dengan diet defisit kalori berikut ini:

 

Foto: Freepik

  • Mengurangi porsi makan

Tips pertama, kurangi ukuran porsi makan. Makanlah dengan porsi makanan yang lebih kecil dari apa yang biasa kamu makan. Memotong ukuran porsi makan itu bukan berarti kamu tidak bisa makan tiga kali dalam sehari ya, hanya porsinya saja yang lebih sedikit. Agar lebih aman juga sebaiknya kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter maupun ahli gizi/diet untuk mengetahui berapa kalori yang kamu butuhkan, dan berapa defisit kalori yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Makan menggunakan piring atau mangkuk yang lebih kecil bisa menjadi cara untuk memotong porsi makanmu. 

 

  • Makan sayuran dan buah berkalori negatif

Tips kedua, perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang berkalori negatif. Sayur dan buah berkalori negatif itu maksudnya yang berkalori rendah. Makanan berkalori negatif adalah makanan yang membutuhkan lebih banyak pengeluaran energi saat dicerna dibandingkan dengan kandungan kalori yang masuk ke tubuh. Memakan makanan yang berkalori negatif dapat membantumu dalam menciptakan defisit kalori secara sehat. Wortel, seledri tomat, mentimun, semangka, raspberry, blueberry, dan stroberi adalah sayur dan buah yang berkalori negatif.

Foto: Freepik

 

  • Minum air secukupnya

Tips ketiga, minum air yang cukup. Selain mempercepat metabolisme tubuh, minum air juga bisa membantu untuk mengurangi rasa lapar. Minumlah segelas air sebelum makan agar tubuhmu mengkonsumsi makanan lebih sedikit, dan pastinya jumlah kalori yang akan masuk pun lebih sedikit. Hindari minuman berkalori tinggi seperti soda dan minuman yang mengandung banyak gula. 

 

  • Tidur yang cukup

Tips keempat, usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup. Selain memperhatikan tentang asupan makan dan minum, ternyata kualitas tidur juga berpengaruh lho. Kurang tidur akan menaikkan cortisol yaitu hormon stres yang dapat meningkatkan nafsu makan dan rasa lapar. Tak hanya itu, kualitas tidur yang buruk bisa membuatmu kekurangan energi sehingga malas untuk bergerak. Usahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam.

Foto: Freepik

  • Kombinasikan dengan olahraga

Tips kelima, lengkapi diet defisit kalori dengan aktivitas fisik atau olahraga. Selain membantu untuk bakar kalori, aktivitas fisik juga berguna agar tubuh tetap bugar. Kamu bisa lakukan aktivitas fisik seperti berjalan, melakukan 10.000 langkah sehari dapat membakar sekitar 250 hingga 600 kalori ekstra.

Itulah 5 tips yang dapat kamu terapkan dalam melakukan defisit kalori. Menurunkan berat badan dengan defisit kalori bisa saja berhasil, namun tentunya membutuhkan niat dan tekad yang kuat. Kedisiplinan dalam menjaga asupan makan dan minum juga penting. Kesehatan tubuh pun harus diutamakan, jangan sampai kamu malah menyiksa diri. Nah, untuk mendukung aktivitas olahraga, kamu juga perlu pakaian yang sesuai. Gunakan Duraking Daily Activewear agar olahraga semakin optimal. Selain terbuat dari material kain yang ringan dan nyaman, jersey ini juga dilengkapi dengan teknologi AntiVirus, teknologi cepat kering, dan teknologi Anti UV. Tentunya berolahraga semakin nyaman dan aman. Gak cuma itu lho, Duraking Daily Activewear juga membuatmu semakin tampil stylish dan percaya diri. Kamu bisa cek produknya di sini ya!

DK Daily Active Wear Bi Colors Navy White

 

Sumber: EHPlabs, Pinkvilla, Popsugar, NDTV Food, verywell fit, Shape

Leave a Reply

Your email address will not be published.