article

Tips Melakukan Yoga Agar Sehat Jiwa Raga

Tips Melakukan Yoga Sehat Jiwa Raga | dkoutdoors.com Yoga kini tengah menjadi olahraga primadona di kalangan masyarakat. Selain baik untuk kesehatan tubuh, kegiatan ini juga dianggap ampuh untuk menenangkan jiwa dan pikiran. Nah, meski tampak ringan, yoga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Jadi, untuk kamu yang baru mulai melirik aktivitas fisik ini, yuk simak beberapa tips melakukan yoga berikut.

Foto : Unsplash

 

1. Memahami Dulu Manfaat Yoga

Tips melakukan yoga yang pertama adalah mengetahui manfaatnya terlebih dahulu. Pada dasarnya, olahraga yang telah ada sejak ratusan tahun lalu ini melibatkan kombinasi meditasi dengan teknik pernapasan, peregangan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh. Jadi, gerakan yoga memang didesain untuk membantumu melancarkan pernapasan, meningkatkan kesehatan mental, mencegah penyakit jantung, dan bahkan mengatur masalah berat badan.

 

2. Didampingi Pelatih

Nah, jika kamu belum pernah melakukan yoga sebelumnya, ada baiknya latihanmu didampingi oleh pelatih. Dengan arahan dari pelatih, kamu bisa tahu gerakan yoga apa saja yang cocok untuk postur tubuhmu. Selain itu, jika kamu salah gerakan, pelatih akan cepat membantumu, sehingga resiko cedera pun bisa dikurangi. Bahkan, mengingat canggihnya teknologi saat ini, kamu bisa juga kok berlatih bersama tutor ahli secara online.

 

3. Memperhatikan Waktu

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah menentukan waktu terbaik untuk melakukan yoga. Yoga pada pagi hari biasanya dapat membantu meredakan nyeri otot dan membuat tubuh lebih rileks. Selain itu, waktu pagi hari juga dinilai sangat bagus untuk kelancaran pencernaan. Nah, apabila kamu tidak sempat berolahraga yoga di pagi hari, kamu bisa juga menjadwalkannya pada malam hari untuk membantumu tidur lebih nyenyak.

 

4. Menyiapkan Perlengkapan Penunjang

Tips melakukan yoga yang tak kalah penting adalah menyiapkan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa perlengkapan dasar yang dibutuhkan untuk kegiatan yoga adalah matras yoga (yoga mat) sebagai alas serta alat penyangga berupa tambahan blok dan yoga strap berbahan kain dan tali. Carilah bahan terbaik agar kamu bisa tetap merasa nyaman saat berkegiatan dan terhindar dari cedera.

Selain beberapa peralatan tadi, kamu juga tentu harus mengenakan pakaian yang memang dirancang untuk memberikan kenyamanan saat berolahraga. Kamu bisa mencoba DK Running Jersey. Outfit ini cocok untuk segala jenis kegiatan olahraga karena telah dilengkapi teknologi HeiQ yang dapat membuat tubuh tetap terasa nyaman dan terhindar dari bau bakteri. Kamu bisa mendapatkan DK Running Jersey di sini atau marketplace kesayanganmu.

 

Sumber: cnnindonesia, hellosehat

Kevin HDS

Recent Posts

Mengapa Running Cap Penting untuk Pelari?

Mengapa Running Cap Penting untuk Pelari? | Pelari sering kali menghadapi elemen-elemen alam yang tidak…

6 months ago

Lindungi Kulit Anda dari Sinar UV dengan Duraking Arm Sleeve Solid Color Silver Grey

Lindungi Kulit Anda dari Sinar UV dengan Duraking Arm Sleeve Solid Color Silver Grey |…

7 months ago

Pentingnya Mengukur Pace Lari dengan Presisi untuk Prestasi Maksimal

Pentingnya Mengukur Pace Lari dengan Presisi untuk Prestasi Maksimal | Berlari bukan sekadar olahraga, tetapi…

7 months ago

Eksplorasi 6 World Marathon Majors dengan Duraking Sport Act Running Belt

Eksplorasi 6 World Marathon Majors dengan Duraking Sport Act Running Belt | Menghadapi keenam World…

7 months ago

Maksimalkan Gaya dan Performa Lari dengan Jersey dan Sepatu Ini

Maksimalkan Gaya dan Performa Lari dengan Jersey dan Sepatu Ini | ​​Ketika gaya bertemu dengan…

7 months ago

Maksimalkan Performa Lari dengan Duraking Jersey Vapor Series

Maksimalkan Performa Lari dengan Duraking Jersey Vapor Series | Kesiapan dalam menghadapi race lari tidak…

7 months ago

This website uses cookies.