Tips Olahraga di Bulan Ramadhan | duraking.co.idApakah kamu merasa lemas dan mengantuk selama berpuasa? Kayaknya kamu butuh olahraga, nih. Berolahraga saat sedang berpuasa memang terdengar tidak mudah, tapi kamu masih bisa mengaturnya dan menyusun strategi. Ya, ternyata berolahraga saat berpuasa itu boleh-boleh saja lho dan malah sangat dianjurkan. Berolahraga saat berpuasa itu bisa mengusir rasa kantuk dan malas, menurunkan berat badan, dan membantu proses detoksifikasi pada tubuh. Tapi, tentunya ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Yuk, simak beberapa tips olahraga di bulan Ramadhan berikut ini.

Foto: Freepik

  • Stay Hydrated

Untuk menghindari resiko dehidrasi saat berolahraga, asupan cairan ke dalam tubuh harus diperhatikan. Asupan cairan yang disarankan adalah sekitar 1,5 hingga 2 liter per hari. Maka dari itu, minumlah air mineral sebanyak mungkin di antara waktu berbuka puasa dan sahur. Misalnya, kamu bisa minum sebanyak 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang waktu tidur, dan 2 gelas lagi saat sahur. 

Foto: Freepik

  • Perhatikan Asupan Makanan

Agar tubuh mendapat energi yang cukup selama berpuasa, makanlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat. Karbohidrat kompleks dan serat mampu membantu melepaskan energi secara perlahan sehingga energi dalam tubuh tidak cepat habis. 

  • Olahraga di Sore Hari

Memperhatikan waktu yang tepat untuk berolahraga selama bulan Ramadhan itu penting. Berolahraga di siang hari dengan cuaca yang panas tidak disarankan karena akan membuatmu kelelahan. Sore hari bisa menjadi waktu yang tepat untuk berolahraga saat berpuasa. Kamu bisa berolahraga 30 – 60 menit menjelang waktu berbuka puasa. Aktivitas fisik akan membuatmu berkeringat, yang mana artinya tubuh akan kekurangan cairan. Dengan berolahraga di sore hari, kamu bisa kembali mengisi asupan cairan saat berbuka puasa.

Foto: Freepik

  • Pilih Olahraga yang Ringan

Lakukanlah olahraga yang ringan seperti jogging/treadmill, jalan santai, yoga, push up, dan sit up. Disarankan untuk melakukannya dengan intensitas sedang. Kegiatan olahraga ini bisa juga kamu jadikan waktu ngabuburit menjelang berbuka puasa lho.

  • Berhenti saat Lelah

Satu hal yang harus selalu kamu ingat saat berolahraga di bulan Ramadhan: kamu sedang puasa. Jadi, jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan aktivitas olahraga yang berat. Listen to your body, kalau kamu sudah merasa lelah maka berhentilah.

Foto: Freepik

Nah, itulah beberapa tips olahraga di bulan Ramadhan atau bulan puasa yang bisa kamu ikuti. Meskipun kamu sedang berpuasa bukan berarti puasa olahraga juga ya. Di bulan Ramadhan ini, selain beribadah kamu juga harus tetap menjaga kesehatan tubuh. Untuk menemanimu berolahraga, kamu bisa coba pakai Duraking Daily Active Wear. Selain untuk keperluan olahraga, jersey ini juga cocok untuk dipakai sehari-hari lho. Jersey ini dilengkapi dengan teknologi DK V Pro-Tech (AntiVirus), teknologi cepat kering, dan teknologi Anti UV UPF 50+. Pokoknya, dengan jersey ini kamu dapat berolahraga dengan nyaman dan aman. Gak hanya itu, jersey ini juga mendukungmu untuk tetap tampil stylish dan percaya diri karena desainnya yang slim fit. Kamu bisa cek produknya di sini atau di marketplace lainnya ya. 

 

Sumber: Gulf Today, Ymca Club, halodoc, Savoir Flair, News Chain, Tempo

Leave a Reply

Your email address will not be published.