Tren Baju Olahraga dari Tahun ke Tahun | duraking.co.idDi tahun-tahun sekarang ini, semakin banyak orang yang memakai baju olahraga seperti leggings, sweatpants, hoodie, dan sneakers sebagai pakaian sehari-hari. Hal tersebut rasanya sudah tidak asing lagi, ditambah dengan meledaknya kepopuleran athleisure trend dalam dunia fashion. Activewear tidak melulu harus digunakan untuk kebutuhan berolahraga, berbeda sekali dengan masa-masa sebelum munculnya tren athleisure. Berbagai brand activewear, lokal maupun internasional, pun berlomba-lomba melakukan berbagai inovasi untuk memenuhi kebutuhan para konsumen yang mengikuti tren athleisure. Mau tahu perkembangan tren baju olahraga dari tahun ke tahun? Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

Foto: Freepik

 

  • Tahun 1970-an

Inilah tahun di mana pakaian olahraga atau gym fashion mulai diperkenalkan dan dipasarkan secara massal. Warna-warna yang cerah mendominasi berbagai sportswear di tahun ini. Di pertengahan tahun 1970-an, tracksuit menjadi pakaian yang fenomenal setelah digunakan oleh Bruce Lee. Selain itu, sepatu Stan Smith yang diproduksi khusus untuk bermain tenis juga sangat populer.

 

  • Tahun 1980-an

Di sekitar tahun 1980-an, aktivitas olahraga sudah menjadi bagian dari rutinitas kehidupan banyak orang. Tren activewear di tahun 1980-an populer dengan pakaian bergaya aerobik, leotards berbahan lycra dan spandek yang dipadukan dengan celana leggings serta dilengkapi ikat kepala. Pakaian olahraga di tahun ini masih didominasi dengan warna-warna yang cerah. 

Foto: Freepik

 

  • Tahun 1990-an

Tahun ini didominasi oleh sportswear yang nyaman dan praktis seperti oversized tracksuit, celana sweatpants, dan jaket hoodie. Pakaian longgar atau oversized ini dipengaruhi oleh munculnya musik hiphop. Chunky sneakers atau biasa disebut Dad sneakers yang memiliki sol tebal juga sangat populer di tahun 1990-an. Namun, pakaian berbahan ketat seperti leggings juga masih banyak digunakan terutama di tempat gym. Celana ketat lainnya seperti bike shorts pun populer setelah dipakai oleh Princess Diana.

 

  • Tahun 2000-an

Di tahun 2000-an, activewear berevolusi menjadi pakaian yang lebih fungsional. Zumba dan yoga banyak diminati oleh orang-orang di pertengahan tahun ini. Fashion item yang populer yaitu yoga pants, leggings warna hitam, dan crop tops. Matching tracksuits juga masih populer di tahun 2000-an, banyak artis yang memakainya untuk tampil di depan kamera. 

 

  • Tahun 2010-sekarang

Pakaian olahraga semakin menyatu dengan street fashion di tahun 2010. Di tahun ini, activewear pun hadir dengan berbagai inovasi canggih seperti material yang breathable dan mampu mengontrol bau. Dari tahun 2012 sampai 2019, tren athleisure mengalami peningkatan popularitas yang signifikan. Berbagai pakaian olahraga seperti leggings dan sneakers semakin banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari untuk menciptakan tampilan yang casual serta sporty. Selain itu, tren style pakaian olahraga di tahun 2010 hingga sekarang juga diwarnai dengan kombinasi dari activewear trends yang populer di tahun-tahun sebelumnya.

 

Itulah perkembangan tren baju olahraga atau activewear dari tahun ke tahun. Pakaian olahraga yang pada awalnya dirancang khusus untuk berolahraga kini sudah menjadi pakaian sehari-hari karena dianggap nyaman dan praktis. Apakah kamu butuh pakaian yang cocok untuk digunakan dalam berbagai aktivitas? Kamu bisa coba pakai Duraking Super Light Series. Selain terbuat dari material kain yang sangat ringan, jersey ini juga dilengkapi berbagai teknologi canggih yang siap melindungimu dari bahaya virus dan bahaya paparan sinar UV. Gak hanya itu, jersey ini juga mengutamakan kenyamanan dengan teknologi cepat keringnya serta mampu menjaga kesegaran dari bau badan hormonal saat beraktivitas. Kamu boleh banget cek produknya di sini atau di marketplace pilihanmu.

Sumber: POPSUGAR, Women’s Health, Sourcing Journal

Leave a Reply

Your email address will not be published.