5 Gerakan Stretching Sebelum Tidur | duraking.co.idApakah kamu merasa kesulitan untuk tidur di malam hari? Kamu harus segera mencari cara untuk mengatasinya karena gangguan tidur atau insomnia dapat memberi pengaruh negatif bagi kesehatan tubuh lho. Mengapa tidur di malam hari itu sangat penting? Tidur selama 7-8 jam per malam dapat membantu jalannya metabolisme tubuh, meningkatkan mood, mencegah penyakit kardiovaskular, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan otak.

Salah satu cara agar kamu bisa tidur di malam hari adalah dengan melakukan peregangan. Melakukan peregangan sebelum tidur bermanfaat untuk membuat tubuh rileks sehingga tidur jadi lebih nyenyak. Yuk, simak beberapa gerakan stretching sebelum tidur yang bisa kamu ikuti berikut ini:

Foto: Freepik

  • Bear Hug

Posisi awal adalah berdiri dengan tegak. Mulai dengan merentangkan kedua lengan sambil menarik napas. Lalu buang napas dengan melingkarkan lengan ke tubuh seperti memeluk diri sendiri. Pastikan posisi lengan kanan berada di atas lengan kiri. Tarik napas kembali sambil menarik bahu ke depan secara perlahan. Tahan selama 30 detik sebelum membuang napas sembari merentangkan kedua lengan kembali. Ulangi gerakan dengan posisi lengan kiri di atas lengan kanan. Gerakan bear hug  ini bermanfaat untuk merilekskan otot-otot yang ada di punggung.

  • Child’s Pose

Gerakan ini dimulai dengan posisi berlutut dengan duduk di atas tumit. Lalu membungkuk ke depan secara perlahan hingga dahi menyentuh lantai, rentangkan kedua tangan ke depan. Pertahankan posisi tubuh rileks pada paha dan dahi untuk beristirahat di lantai. Lalu bernapaslah di posisi ini sekurangnya tiga tarikan napas panjang. Gerakan ini bermanfaat untuk mengatasi ketegangan otot pada punggung, bahu dan leher.

Foto: Unsplash

  • Knee to Chest

Posisi awal dimulai dengan berbaring telentang dan menghadap ke atas. Secara perlahan tarik paha kanan mendekat ke arah dada. Tahan posisi tersebut selama 20 detik lalu ulangi dengan menarik paha kiri. Kamu bisa mengulangi gerakan ini 5 kali dengan menarik paha kanan dan paha kiri secara bergantian. Knee to chest bermanfaat untuk pinggul dan punggung bagian bawah.

  • Spinal Twist

Pertama, berbaringlah dengan mengarahkan pandangan ke atas. Tekuk kedua lutut sedikit lebih dalam dari 90 derajat di pinggul. Kemudian, rentangkan lengan ke samping untuk membentuk huruf T dengan menjaga posisi pinggul dan bahu tetap sejajar. Mulailah menggerakkan kaki yang tertekuk ke kanan sampai menyentuh lantai, di saat yang sama gerakkan kepala menghadap ke kiri. Tahan gerakan ini selama 15 sampai 30 detik sebelum kembali ke posisi awal dan ulangi dengan sisi yang lain. Spinal twist ini bermanfaat untuk pergerakan tulang belakang dan memperbaiki postur membungkuk.

Foto: Yoga U

  • Legs Up The Wall

Mulailah dengan berbaring di lantai atau tempat tidur dan angkat kedua kaki hingga lurus seperti bersandar ke dinding. Istirahatkan kedua lengan dengan nyaman di sisi tubuh. Tahan posisi tersebut selama 30-60 detik, lalu lepaskan dan rileks selama 30 detik. Gerakan ini bermanfaat untuk meredakan ketegangan pada punggung, leher, dan bahu. Selain itu, legs up the wall bisa memperbaiki sirkulasi pada kaki yang lelah atau sakit dan membantu masalah pencernaan.

Itulah beberapa gerakan stretching sebelum tidur yang bisa kamu lakukan agar bisa terlelap dengan mudah nyenyak di malam hari. Stretching sebelum tidur adalah cara alami yang bagus untuk meningkatkan kualitas juga durasi tidur. Nah, agar peregangan sebelum tidur semakin nyaman kamu membutuhkan pakaian yang tepat seperti Duraking Daily Active Wear Tee Man V2. Selain berbahan ringan, kaos ini juga slim fit dan dilengkapi fitur yang bisa menyesuaikan suhu agar tetap sejuk. Selain untuk berolahraga, Duraking Daily Active Wear Tee Man V2 juga tetap nyaman digunakan untuk tidur, lho Tertarik? Kamu bisa cek produknya di sini atau di marketplace favoritmu.

Sumber: Augusta Health, Greatist, Medical News Today, PureWow, Sleep Advisor

Leave a Reply

Your email address will not be published.