duraking.co.idBilly Linjaya Lesmana adalah seorang entrepreneur asal Bandung yang membesarkan brand Duraking Sports and Outdoor. Baginya, banyak pelajaran yang bisa diambil dari lika-liku bisnisnya selama ini.

Berawal dari perusahaan perorangan milik ayahnya, yang pada saat itu bergerak di bidang industri kain tekstil dan benang layang-layang, Billy memutuskan untuk ikut terjun pada 2006. Langkah awal yang dilakukan adalah mengubah perusahaan perorangan menjadi PT.Pancajaya Sejati.

Menurut Billy, seorang pengusaha harus memiliki kemampuan agile thinking yang baik karena banyak hal yang harus berubah sesuai dengan keadaan. Seperti yang terjadi di PT.Pancajaya Sejati, berawal dari industri kain tekstil dan benang layang-layang, kemudian berubah menjadi industri garmen dan alat pancing. Salah satu pemicunya adalah surutnya industri kain tekstil pada 2009.

Foto : mediaindonesia.com

“Pada saat itu, usaha kain tekstil sedang mengalami penurunan, akhirnya kami menjual seluruh mesin tekstil. Selain itu, harga mesin juga sedang bagus-bagusnya, sehingga keputusan untuk keluar di 2009 merupakan hal yang baik menurut saya,” katanya.

Kemudian pada 2011, Billy memutuskan untuk mengembangkan industri alat pancing yang berbekal dari pengalaman di industri benang layang-layang sebelumnya. Saat itu lah, Duraking lahir.

Setelah terjun ke industri alat pancing, Billy kemudian melihat peluang bisnis. Menurutnya pada saat itu belum ada brand lokal yang menyediakan apparel untuk para pemancing di Indonesia dengan kualitas tinggi. Kegelisahan tersebut menjadikan awal mula evolusi Duraking ke dalam industri garmen pada 2017.

Selain itu, kejeliannya dalam melihat peluang membuat Billy mulai melihat potensi baru, yaitu kemunculan beberapa tren olahraga, seperti lari dan bersepeda. Dari tren tersebut, tercetuslah ide untuk menjadikan Duraking sebagai “one full stop brand” bagi berbagai kegiatan olahraga dan lifestyle. Hingga kini, produk Duraking sudah diekspor ke berbagai negara dan mencapai omset hingga seratus sepuluh miliar per tahunnya dari hasil penjualan Duraking Fishing dan Duraking Outdoor Sports.

Di 2023 ini, pada segmen industri garmenDuraking akan merilis produk-produk yang dapat digunakan di berbagai cabang olahraga dan outdoor activities, seperti extreme sport, casual sport, dan street sport.

Sedangkan dari segmen industri alat pancingDuraking akan merilis beragam program yang lebih melibatkan komunitas mancing di dalamnya. Hal tersebut sejalan dengan strategi terbaru Billy untuk menjadikan Duraking sebagai top of mind brand dari beragam kegiatan outdoor dan semakin dekat dengan komunitas.

Pada tanggal 4 Januari 2023, dalam acara Gathering Komunitas basket Bugar & Komunitas Basket Tuna Rungu di Palmerah, Duraking dipercaya oleh Pak Menteri Kemenparekraf Sandiaga Uno untuk mendukung seragam basket acara tersebut.

“Saya Familiar dengan Duraking, dan ini enak banget dipakai, mudah-mudahan peningkatan produk-produk Indonesia Khususnya dari Bandung” ucap Sandiaga Uno. Perkembangan bisnisnya selama ini bukan perjalanan yang mudah. Namun, bagi Billy prinsip yang selalu ia pegang teguh hingga saat ini lah yang menjadikannya terus berevolusi.

#LangsungDiGas adalah ajakan darinya untuk para entrepreneur agar tidak takut dalam membuat suatu keputusan, seperti yang terjadi di PT.Pancajaya Sejati hingga kini. Banyak keadaan yang mendesak Billy Linjaya untuk terus mengubah strategi bisnisnya dari waktu ke waktu. Menurut Billy, seorang pengusaha harus berbekal 3 hal, yaitu agile thinking, jeli lihat peluang, dan evolving.

 

Sumber : ayoindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *